Kisah Sukses Hamzah Izzulhaq, Entrepeneur Muda Yang Berbakat

Ketika ditanya kapan tepatnya memulai berdagang, Hamzah tidak dapat mengingatnya secara pasti. Namun kemandirian di dalam dirinya telah mulai terbentuk sejak ia masih berada di bangku SD ( sekolah dasar ). Sejak SD, ia telah mulai menjual koran, petasan, kelereng, dan juga menjadi ojek payung serta tukang parkir. Ia melakukan hal-hal tersebut di sela-sela waktu sekolah dan bermain nya sejak di bangu kelas 5 SD untuk memoles jiwa wirausaha di dalam dirinya.

Hamzah Izzulhaq, pria kelahiran 26 April 1993 ini lahir dari kalangan keluarga yang terbilang sederhana. Ayahnya merupakan seorang dosen dan ibunya adalah seorang guru Sekolah Menengah Pertama ( SMP ). Sebenarnya untuk urusan ekonomi, ia bukanlah sosok yang kekurangan, dan selalu mendapatkan uang saku yang cukup dari orangtuanya. Namun ia ingin mandiri dan memilih untuk mengisi waktu luang yang ia miliki untuk berdagang bersama kawan-kawan yang kurang mampu.

Ia sendiri mulai tekun dan serius mendalami bisnisnya saat berada di kelas 1 SMA. Ia menjual buku setiap semester berganti, dan juga menjual pulsa. Ia berhasil melobi pamannya yang saat itu bekerja di toko buku dengan mendapatkan diskon dan menjual kembali buku tersebut kepada kakak angkatan serta teman-teman seangkatannya. Hasil penjualan tersebut kemudian ia tabung. Sisanya ia gunakan untuk membuka sebuat konter pulsa yang operasionalnya ia serahkan kepada salah satu teman SMP nya. Namun omzet yang didapatkan malah sering digunakan untuk kebutuhan pribadi sang teman, dan juga banyak voucher yang digunakan secara pribadi tanpa izin dari Hamzah. Akhirnya dalam 3 bulan, usaha tersebut ia tutup.

Namun semangat Hamzah tidak turun. Dengan uang tabungan yang masih ia miliki, ia akhirnya membeli mesin pin. Jalan ini ia pilih sebab banyak kegiatan seperti OSIS, Pentas Seni, dan acara lain yang membutuhkan pin serta stiker. Ia pun menerima cukup banyak pesanan dari sekolahnya. Namun karena tidak menguasai teknik dan banyak orderan yang akhirnya tidak selesai, ia harus menerima kenyataan bahwa ia mengalami kerugian untuk kesekian kalinya.

Namun semangat dari hamzah ini perlu diacungi jempol. Ia membaca biografi para pengusaha dan kembali menumbuhkan semangatnya. Di pertengahan kelas 2 SMA, ia menjual roti, snack, dan kue lainnya. Ia pun kemudian menangkap peluang bisnis lain, tepatnya saat mengikuti acara seminar entrepreneur dan ditawarkan untuk franchise bimbel dengan nama Bintang Solusi Mandiri. Ia akhirnya mengumpulkan modal dengan bantuan dari sang ayah.dari franchise inilah Hamzah mengalami peningkatan yang pesat dalam bisnisnya.

Ia kini memiliki 3 lisensi bisnis dengan omzet yang dadapatkan mencapai 360 juta rupiah tiap semesternya dengan keuntungan bersih sebesar 180 juta per semesternya. Bimbingan belajarnya telah membawahi lebih dari 200 siswa di tiap semesternya. Ia juga mengembangkan sayap bisnisnya dengan membuat CV Hamasa Indonesia dan berperan sebagai direktur utama dengan omzet mencapai 100 juta tiap bulannya. Inspiratif sekali ya kisahnya !

 

 

Kisah Sukses Susi Pudjiastuti, Wanita Mandiri dengan Gaya Nyentrik

Semua orang pasti mengenal Susi Pudjiastuti. Ia merupakan salah satu menteri dalam kabinet kerja Presiden Joko Widodo, yang patut anda jadikan teladan karena kisah sukses dan gigihnya. Walaupun pendidikan beliau tidak sampai selesai sekolah menengah saja, tetapi beliau mampu mambuktikan bahwa beliau sanggup menjadi seorang pengusaha yang terbilang sukses dan tetap menjaga kesederhanaannya.

Wanita yang lahir di Pangandaran, tepatnya 15 Januari 1965 ini merupakan putri dari seorang peternak serta penjual hewan potong. Hewan potong ini biasanya di distribusikan di daerah Jawa Timur dan Jawa Tengah. Lalu bagaimanakah cara beliau mencapai kesuksesannya ? Berikut adalah kisahnya.

Susi Pudjiastuti memang berbeda dengan gadis seumurannya. Disaat mereka sibuk memikirkan masalah cinta-cintaan, beliau sudah sibuk berbisnis dengan menjual bedcover dan juga pakaian. Hingga akhirnya beliau memutuskan untuk tidak melanjutkan sekolahnya. Setelah itu, semangat bisnis Susi Pudjiastuti semakin tinggi. Karena tinggal di lingkungan yang didominasi oleh nelayan, maka ia akhirnya menekuni bisnis menjual ikan. Saat tu modal yang ia miliki hanya sebesar Rp 750.000 dan menjadi pionir awal dari bisnis besarnya.

Bisnis tersebut tidak ia jalani secara setengah hati, namun benar – benar ditekuni nya. Ia membeli beberapa ikan dari tempat pelelangan ikan, dan menjual nya kepada beberapa restoran, namun tidak semua restoran mempercayai kualitas ikan yang ia jual. Tetapi beliau tidak pantang menyerah. Beliau menunjukkan konsistensi nya dalam membeli dan menjual ikan dengan kualitas terbaik, sehingga pada akhir nya banyak restoran yang mempercayainya dan menjadi konsumen tetap. Inilah yang membuat bisnis nya semakin dikenal di lingkungan yang lebih luas hingga beliau pernah berhasil menjual lobster ke luar negeri dengan jumlah yang terbilang fantastis.

Kisah Sukses Susi Pudjiastuti, Wanita Mandiri dengan Gaya Nyentrik
Wanita yang lahir di Pangandaran, tepatnya 15 Januari 1995 ini merupakan putri dari seorang peternak serta penjual hewan potong. Hewan potong ini biasanya di distribusikan di daerah Jawa Timur dan Jawa Tengah. Lalu bagaimanakah cara beliau mencapat kesuksesannya ? Berikut adalah kisahnya.

Dalam menjaga kualitas ikan yang dijualnya, dibutuhkan tempat dan juga biaya yang semakin besar. Ia juga menginginkan kesegaran lobster yang dijualnya tetap terjaga. Dengan bantuan sang suami, Christian Von Strombeck yang juga seorang pilot, beliau mendapatkan pemecahan masalah dengan mengambil keputusan untuk membeli pesawat sebagai akomodasi dalam pengiriman nya. Walaupun sempat mengalami permasalahan dalam pencairan dana, namun akhirnya beliau berhasil mendapat dana sebesar 47.000.000.000 yag kemudian digunakan untuk membangun landasan udara di kawasan Pangandaran dan pembelian 2 pesawat Cessna.

Di tahun 2004, beliau dengan hati yang dermawan menawarkan bantuan untuk membantu saudara-saudara yang berada di Aceh dengan memberikan pesawat sebagai akomodasi pengiriman bantuan. Beliau akhirnya mengembangkan bisnisnya untuk jasa transportasi produk perikanan dengan nama “ Susi Air “.

Dengan kekayaan yang beliau miliki dari hasil usahanya, beliau merasa terpanggil untuk mengabdi kepada negara. Maka ketika ditawarkan untuk bergabung dengan Kabinet Kerja Presiden Jokowi, beliau dengan cepat menerima dan bekerja mengabdi kepada negara sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan. Hal ini cukup menggemparkan saat itu, sebab diketahui bahwa latar belakang pendidikan beliau berbeda dengan menteri pada umumnya. Namun kegigihan dan pengabdian beliau kepada negara hingga saat ini membuktikan bahwa pilihan tersebut adalah langkah yang tepat.

Kisah Inspiratif , Perjalanan Hidup Chairul Tanjung

Anda tentu sudah tidak asing dengan nama Chairul Tanjung. Beliau merupakan salah satu pengusaha besar dan sukses, yang menjadi kebanggaan negara ini. deretan perusahaan besar dan terkenal berada dalam genggamannya, seperti Detikcom, Trans TV, Trans 7, Bank Mega, Trans Studio ( kawasan Makassar serta Bandung ), Carrefour, Bandung Super Mll ( BSM ), dan banyak deretan perusahaan lain yang berada di bawah kepemimpinannya.

Banyak yang tidak mengetahui kisahnya, menganggap bahwa beliau memulai karirnya atas dasar warisan. Namun sosok yang dikenal sebagai “ Si Anak Singkong “ ini memulai bisnisnya benar-benar dari nol. Pria kelahiran Jakarta, 16 Juni 1962 ini merupakan anak dari salah satu wartawan surat kabar, A.G Tanjung dan merupakan keluarga yang terbilang berkecukupan. Namun saat Orde Baru, ayahnya harus menutup perusahaan pers yang ia miliki sebab banyak statement yang bersebrangan dengan pemerintahan saat itu. Karena hal tersebut, sang ayah terpaksa pindah ke losmen yang sempit karena rumahnya harus dijual.

Pendidikan sangat penting dalam keluarga Chairul Tanjung. Menurut pendapat mereka, untuk keluar dari kemiskinan yang mereka alami, maka pendidikan merupakan langkah yang paling tepat. pada tahun 1981 Chairul tanjung lulus dari SMA Boedi Oetomo dan berhasil melanjutkan pendidikan di Universitas Indonesia dan masuk ke Fakultas Kedokteran Gigi. Selama masa kuliah, ia dikenal sebagai mahasiswa teladan dan dinobatkan secara nasional pada tahun 1984-1985. Biaya kuliah yang besar membuat beliau memutar otak untuk membiayai kuliahnya. Akhirnya jiwa usahanya muncul. Ia sempat membuka usaha foto copy, dan juga berjualan buku kuliah stensil dan juga berjualan kaos.

Kisah Inspiratif , Perjalanan Hidup Chairul Tanjung
Chairul tanjung lulus dari SMA Boedi Oetomo dan berhasil melanjutkan pendidikan di Universitas Indonesia dan masuk ke Fakultas Kedokteran Gigi. Selama masa kuliah, ia dikenal sebagai mahasiswa teladan dan dinobatkan secara nasional pada tahun 1984-1985

Usaha pertama yang dirintisnya setelah lulus kuliah yaitu membuka toko peralatan medis serta laboratorium, namun gagal dan bangkrut. Ia juga sempat menjalani bisnis bersama beberapa teman untuk membangun perusahaan PT. Pariarti Shindutama. Bisnisnya dapat dikatakan lancar, namun ia memiliki visi yang berbeda dan memutuskan untuk memulai bisnisnya sendiri.

Beliau mengarahkan bisnisnya kepada 3 bidikan, yaitu bisnis properti, keuangan, serta multimedia yang akhirnya berujung pada pendirian Para Group. Perusahaan ini memiliki Father Holding Company, yaitu Para Inti Holindo. Para Inti Holindo ini membawahi Para Global Investindo, Para Inti Propertindo ( properti, seperti Bandung Super Mall, Carrefour ), serta investasi dan media. Nama Para Group sendiri diubah menjadi CT Corp di tahun 2011 tepatnya 1 Desember 2011. CT Corp dibagi menjadi 3 sub holding taitu Mega Corp ( layanan finansial ), Trans Corp ( layanan media, gaya hidup, dan hiburan ), dan CT Global Resources ( sumber daya alam ). Ia juga dinobatkan sebagai salah satu orang terkaya versi majalah Forbes pada tahun 2010 dan juga 2011. Di Indonesia, nama beliau termasuk kedalam jajaran 5 orang terkaya di negeri ini.

Chairul Tanjung mengatakan bahwa modal memang penting dalam memulai suatu usaha. Tetapi kerja keras serta kemauan merupakan suatu komponen wajib yang perlu dimiliki oleh para pengusaha. Jaringan yang luas juga faktor pendukung yang sangat membantu dalam mengembangkan usaha. Is juga menuturkan bahwa mitra usaha adalah segalanya. Kepercayaan sama dengan integritas, maka perlu dijaga dengan baik dan semaksimal mungkin.

Kisah Inspiratif J. K Rowling, Penulis Legendaris Novel Harry Potter

Joanne Kathleen Rowling, yang lebih akrab dengan sapaan J. K Rowling lahir di Yate, Gloucestershire, Inggris pada tanggal 31 Juni 1965. Dengan menggunakan nama pena JK, ia menambahkan Kathleen di bagian tengah namanya karena nama asli nya hanya Joanne Rowling saja. Ayah JK Rowling yang bernama Peter James Rowling merupakan seorang insinyur di Rolls Royce dan Anne Rowling, ibunya, merupakan teknisi sains dengan darah campuran Skotlandia dan Perancis. Sejak kecil, Joanne Rowling dikenal sebagai sosok pemimpi sebab kerap menceritakan kisah dongeng yang terdengar luar biasa. Ia juga menulis kisah pertama nya pada usia 6 tahun. Kisah tersebut bercerita tentang seekor kelinci yang menderita campak. Tahukah anda siapa pendengar pertama dari kisah nya ? Pendengar pertama nya adalah Dee, adik perempuan Joanne Rowling.

Sejak kecil ia sangat menggemari dunia menulis, namun ia sempat merasa terganggu saat di sekolah dasar ia ditempatkan di sisi anak – anak yang kurang pandai oleh guru nya, padahal ia merasa dirinya pandai. Hal ini membuat nya cukup frustasi, dan merasa ternyata kisah nya sama seperti kisah tokoh dalam imajinasi nya, yaitu Severus Snape. Sementara itu beberapa guru lain nya merasa bangga akan bakat yang ia miliki karena dinilai imajinatif, menarik, dan juga inspiratif. Para guru tersebut juga meminta Joanne untuk membacakan cerita – cerita yang dibuat nya di depan kelas.

Kisah Inspiratif J. K Rowling, Penulis Legendaris Novel Harry Potter
Tahukah anda siapa pendengar pertama dari kisah nya ? Pendengar pertama nya adalah Dee, adik perempuan Joanne Rowling

Sempat mengalami beberapa cobaan dalam hidup nya, mulai dari meninggal nya sang nenek, sakit parah sang ibu, namun tidak menyurutkan semangat nya dalam mengejar cita – cita nya sebagai penulis. Di tahun 1990, pacar Joanne pindah ke kota Manchester, dan selalu menghabiskan akhir pekan bersama Joanne. Saat Joanne dalam perjalanan kembali ke London, tiba – tiba gagasan mengenai Harry Potter masuk ke dalam imajinasi nya. Ia tidak mengetahui mengapa gagasan itu tiba – tiba muncul dan ternyata menyita perhatian yang sangat besar oleh para penikmat cerita fiksi di seluruh dunia. Gagasan mengenai Harry Potter, anak kecil sebagai penyihir yang bersekolah di Hogwarts. Ia pun mulai menulis mengenai kisah tersebut.

Apartemen tempat tinggal nya sempat dimasuki oleh pencuri dan mengambil barang berharga milik mendiang ibu nya. Namun untung nya naskah berharga Harry Potter tidak diambil karena saat itu harta berharga nya adalah naskah tersebut.

Pengalaman hidup pahit yang dialami nya, mulai dari pernikahan yang singkat, tekanan hidup yang berat, dan berbagai cobaan lain nya mendorong Joanne untuk menuliskan kisah Harry Potter untuk mencapai kesuksesan. Setelah mendapat dukungan dari sang adik, Dee, ia berani untuk mencetak buku nya dan sempat mendapatkan respon negatif dan juga cacian. Namun ia terus mencoba hingga akhirnya novel tersebut dapat terwujud dan menjadi salah satu film terlaris sepanjang masa. Segala kesulitan yang dialaminya tidak membuat kegigihan nya luntur. Ia merupakan sosok wanita inspiratif yang memberikan banyak pelajaran bagi wanita – wanita di seluruh dunia.

 

Jangan Takut Jatuh, Percayalah Anda Tidak Sendirian

Anda pernah berada dalam masalah, namun anda meraa sendirian ? Anda pernah kecewa akan sesuatu, dan anda merasa hanya anda yang mengalami nya ? Anda tidak kunjung bekerja di saat orang lain mulai bekerja, dan anda merasa hanya anda satu – satu nya? Jangan khawatir, anda tidak sendirian.

Jika anda mau melihat ke bawah dan  ke sekitar anda, bukan hanya melihat ke atas, anda akan mengetahui bahwa anda tidak sendirian. Saat anda mengalami kegagalan, bukan hanya anda satu – satu nya yang pernah gagal. Bahkan sekelas Steve Jobs pun pernah mengalami rasa gagal dalam hidup nya. Lihatlah ke sekeliling anda, bahkan banyak yang jauh lebih gagal daripada anda. namun, mengapa anda merasa sendirian ?

Anda tidak sendirian. Di luar sana, banyak orang dengan tekanan hidup yang berbeda, bahkan mungin lebih berat dari yang anda alami. Banyak anak yang lahir tanpa kasih sayang orang tua. Banyak remaja yang terjerat narkoba dan menghancurkan masa depan nya. Banyak pasangan kekasih yang putus karena perbedaan pendapat dan keyakinan. Banyak orang tua yang bekerja dengan sangat keras untuk menghidupi anak – anak dan keluarga nya.

Jika anda jatuh, jangan takut untuk bangkit dan mencoba lagi. Anda tidak jatuh sendirian. Banyak orang yang jatuh namun mereka terus bangkit dan berusaha memberikan yang terbaik untuk kehidupan nya.

Jangan Takut Jatuh, Percayalah Anda Tidak Sendirian
Banyak jalan menuju Roma. Sepertinya ini adalah kalimat bijak yang sesuai dengan poin ini. Ya memang banyak cara untuk mencapai tujuan kita. Selalu ada jalan jika kita mau berusaha.

Anda boleh menjadi pemimpi. Anda harus menggapai impian anda setinggi mungkin. Namun anda juga harus siap jika di dalam proses mencapai impian tersebut, anda mengalami kegagalan dan juga keruntuhan. Yang anda perlukan hanyalah bangkit dan terus berusaha. Bahkan bayi yang jatuh pun berani untuk bangkit lagi dan terus mencoba berjalan hingga akhir nya ia pandai dan isa berjalan tanpa terjatuh.

Poin penting nya adalah jangan mudah merasa kegagalan akan menutup ipmian dan masa depan anda. kegagalan adalah titik keberhasilan yang tertunda. Kegagalan anda saat ini bisa saja menjadi langkah untuk mencapai kesuksesan anda di masa mendatang. Percayalah bahwa dalam setiap kegagalan terdapat makna. Setiap kegagalan memberikan pelajaran berharga. Dan setiap kegagalan merupakan tangga menuju kesuksesan suatu saat.

Jika anda saat ini berada dalam titik jatuh, merasa hidup anda tidak berkembang, merasa anda tidak berguna, buanglah perasaan itu jauh – jauh dari pikiran anda. Masa depan anda tidak terhenti hanya karena satu kegagalan. Dibalik semua kegagalan akan ada kesuksesan yang menanti anda. Jatuhlah sesering mungkin, agar anda tahu apa arti sebenar nya dari berjuang dan berusaha. Jatuhlah sesering mungkin agar anda menghargai apa itu proses. Jatuhlah sebanyak yang anda bisa, agar anda dapat menghargai segala pencapaian orang lain dan bukan hanya memandang iri kepada orang lain. Jatuhlah, supaya anda mengerti bahwa hidup tidak akan selama nya mulus, hidup tidak akan selalu sesuai dengan apa yang ada di dalam kepala anda. Anda terlalu berharga untuk menyerah, maka semangatlah !!