Gimana Sih Caranya Menulis Puisi

Karya sastra adalah salah satu elemen penting pembentuk dunia. Mungkin, hal ini masih akan menjadi hal yang akan ditampik oleh banyak orang. Tetapi, percaya atau tidak, karya sastra sudah mengambil peranan yang sangat amat penting dalam kehidupan manusia dari masa lampau, bahkan sampai kepada masa sekarang.

Caranya Menulis Puisi

Itu adalah sebuah kenyataan yang tidak bisa kita tolelir lagi. Nah, ada banyak sekali bentuk karya sastra di muka bumi ini. Anda bisa belajar satu demi satu. Ada karya novel, naskah drama, cerita pendek, bahkan ada juga puisi. Bahkan, lagu pun dikategorikan sebagai karya sastra, tetapi dinyanyikan. Jadi, karya sastra sangat luas cakupannya dan sangat menarik untuk bisa dibahas. Untuk kali ini, artikel ini akan membahas salah satu dari karya sastra yang sudah disebutkan barusan. Ya, puisi. Puisi adalah salah satu hal yang cukup menarik untuk dibahas di masa sekarang. Ada banyak sekali penulis puisi, di jaman dahulu, yang berhasil mengubah dunia melalui karya puisinya. Sebut saja William Shakespeare, atau William Wordsworth, atau kalau di Indonesia kita punya W.S Rendra dan juga Chairil Anwar. Para legenda-legenda ini adalah yang terbaik di jaman dan kelasnya, yaitu kelas puisi. Untuk anda, yang suka dengan karya mereka, tetapi tidak bisa menulis indah seperti mereka, tenang saja. Ketika anda sudah baca artikel ini, kemampuan anda dalam menulis puisi akan meningkat secara pesat.

Gimana Sih Caranya Menulis Puisi

Nah, untuk memulai hal ini, maka ada satu hal yang perlu anda ubah terlebih dahulu. Kebiasaan. Ya, kebiasaan anda harus diubah jika anda ingin mempelajari secara benar apa itu puisi. Coba, anda tambahkan kebiasaan baru dibalik jutaan kebiasaan yang sering anda lakukan sehari-hari. Anda boleh menambahkan satu kebiasaan baru, yaitu anda harus membaca puisi minimal 4 sehari. Puisi dari siapapun itu, entah itu dalam bahasa Inggris, ataupun dari bahasa Indonesia. Kenapa kebiasaan membaca puisi sangat penting untuk dibangun? Karena, ketika anda tidak memiliki keinginan untuk membaca puisi, maka anda akan sangat sulit untuk bisa memahami yang namanya puisi itu sendiri. Perbanyak membaca dan mempelajari gaya menulis orang lain. Itu akan sangat berguna bagi anda, untuk membantu anda mendapatkan pemahaman yang sangat utuh tentang puisi serta banyak referensi. Lalu, hal yang selanjutnya perlu anda bahas juga adalah soal gaya penulisan. Gaya penulisan menjadi hal yang sangat penting untuk bisa anda lakukan. Ketika anda sudah mengerti secara jelas gaya penulisan anda, anda bisa memulai untuk membuat puisi anda.

Ketika anda sudah mencoba untuk membuat sebuah puisi, pastikan anda menggunakan diksi yang sedikit mengundang orang bertanya. Penggunaan diksi adalah kunci dari menciptakan puisi yang menarik dibaca. Ketika anda melihat sebuah puisi, dan diksinya ternyata sangat monoton dan tidak menarik, maka bisa dipastikan bahwa puisi tersebut akan sangat membosankan. Tetapi, pastikan juga diksi anda tidak semuanya rumit. Akan sangat mengganggu pembaca pastinya ketika anda menggunakan banyak sekali diksi asing yang tidak bisa mereka mengerti. Gunakan diksi secara tepat dan akurat, agar anda bisa mendapatkan banyak hal yang sangat menarik pastinya. Nah, dengan beberapa hal yang baru saja dibahas barusan, pastinya sudah sangat wajar bagi anda untuk beranjak dari kasur anda dan mulai membuat puisi bukan? Yuk, buat dari sekarang juga.

About Author:


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *