Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Membaca Dengan Baik Dan Benar

Bagi semua orang, membaca adalah hal yang biasa dilakukan tanpa perlu memperhatikan aturan dan kaidah saat membaca suatu buku. Banyak orang yang sering mengabaikan dasar-dasar yang perlu diperhatikan saat membaca dan lebih mementingkan pemahaman untuk diri sendiri. Pemikiran seperti itu salah besar.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Membaca Dengan Baik Dan Benar

Jika memang kita membaca untuk diri sendiri, diperbolehkan mengabaikan dasar-dasar aturan membaca. Akan tetapi, jika membaca untuk orang lain terlebih di depan umum, anda sangat wajib memperhatikan dasar – dasar aturan saat membaca. Arti membaca bukan hanya sekedar membaca sebuah kalimat atau kata agar di pahami saja. Saat membaca menaati dasar – dasar membaca berfungsi sebagai memaknai di setiap kata dalam sebuah kalimat.

Membaca juga berarti kunci dari jendela ilmu. Tanpa membaca, ilmu yang terkandung di dalam buku tidak dapat tersampaikan. Walaupun di era modern ini, teknologi semakin canggih dan media yang membantu kita dalam mendapatkan pengetahuan maupun ilmu juga semakin mudah. Tetap saja, ilmu yang kita dapatkan dalam buku tetap unggul jika dibandingkan dengan media lain baik media massa dan media online. Pada media online dan media massa, kita juga memerlukan membaca untuk bisa memahami informasi tersebut.

Media massa yang disebarkan melalui televisi, radio dan audio memang berbeda dengan media cetak. Mungkin tidak memerlukan membaca, tetapi informasi di media massa lebih sering cepat menghilang pada memori kita. Sedangkan, untuk media cetak yang memerlukan membaca lebing lama terekam pada memori manusia.Karena otak manusia bisa menangkap secara langsung informasi-informasi kita baca dengan pemahaman mendasar dan lebih akurat.

Beberapa Hal Yang Diperhatikan Saat Membaca

Kita membaca untuk dapat memahami makna dan kesimpulan informasi yang ingin di sampaikan oleh suatu buku tersebut. Tujuan utama dari membaca ialah memperoleh informasi yang bisa dijadikan sebagai referensi ataupun acuan pengetahuan kita, menemukan suatu hal baru. Setelah memahami betapa pentingnya dasar-dasar aturan membaca. Diperlukan juga memahami beberapa hal kesalahan yang biasa kita lakukan saat membaca, yakni :

» Pertama, kesalahan ini terjadi saat kita membaca untuk diri sendiri. Kita berusaha membaca dengan suara pelan/komat kamit, dengan tujuan menghindari suara bising. Akan tetapi, metode ini sebaliknya mengganggu diri kita sendiri. Apa yang kita baca akan masuk dalam telinga, namun tidak tertangkap oleh otak.

» Kedua, membaca dalam hati/batin yang disebut subvokalisasi. Membaca dengan cara di dalam hati menyebabkan kegagalan pemahaman dan konsentrasi. Subvokalisasi mengakibatkan otak kita bekerja dua kali lipat dibandingkan membaca suara biasa/keras. Kita perlu memahami bacaan yang kita baca dan memfikirkan pula kata-kata di baca dalam hati. Subvokalisasi berdampak fatal pada kecepatan membaca yang hanya bisa menghasilkan 250-350 kata permenit saat membaca.

» Ketiga, menggunakan kepala sebagai penunjuk serta menggerakkannya mengikuti bacaan. Saat kepala ikut digunakan mengikuti kalimat yang dibaca akan mengakibatkan kepala pusing dan lebih mudah lelah saat kegiatan membaca.

» Keempat, gerakan mata mendukung pembacaan metode cepat. Mata berperan penting dalam mengefisienkan waktu baca. Jika mata bisa bersamaan melihat saat membaca kata yang dituju, otak bisa sejalan menangkapnya. Berbeda saat mata melihat kata lain dan otak masih menerjemahkan makna kata sebelumnya. Kegiatan tersebut bisa menimbulkan kegagalan pemahaman. Informasi terpenting, mata mampu menangkap empat hingga lima kata dalam sekali melihat baris kalimat.

» Kelima, membaca dengan menunjukkan jari sebagai alat bantu untuk memahami sebuah kalimat merupakan kebiasaan buruk yang bisa memperlambat membaca.

Beberapa kegiatan membaca seperti di atas, sebaiknya kita hindari agar kegiatan membaca tidak membuang – buang waktu. Dan kegiatan membaca untuk diri sendiri maupun orang lain bisa lebih mudah dipahami.

About Author:


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *