Manfaat Menulis Bagi Anak Usia Dini

Budaya menulis, secara umum memiliki banyak sekali manfaat. Selain dapat digunakan sebagai media penyalur emosi ataupun mengekspresikan diri, menulis juga dapat membuat seseorang untuk mulai mengungkapkan opini, melatih kesabaran, mengasah komitmen, dan masih banyak lagi.

Seperti menggambar ataupun melukis, menulis ini juga memiliki manfaat untuk melatih kreativitas dan mengembangkan imajinasi seseorang. Oleh karena itu Anda sebagai orang tua masa kini harus mulai memperhatikan kemampuan dari membaca dan menulis yang sangat diperlukan untuk menunjang kegiatan anak-anak Anda di bidang akademik. Anda harus mulai mencari cara supaya anak Anda bisa bahkan memiliki kegemaran untuk membaca dan menulis tanpa harus membuat mereka merasa tertekan dan stres.

Dengan begitu menanamkan minat baca dan tulis juga sangat penting dilakukan. Dewasa ini banyak cara menyenangkan yang dapat dilakukan untuk menimbulkan minat baca dan tulis pada anak usia dini. Selain manfaat untuk menunjang kegiatan akademik membaca dan menulis ini juga memiliki banyak manfaat lain, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Mengenal huruf lebih cepat.

Seorang anak yang belajar menulis sejak dini akan lebih cepat mengenali huruf dan memudahkan mereka untuk belajar membaca dan mengeja. Hasil riset yang telah dilakukan oleh para ahli pun menyebutkan bahwa dengan menulis ini anak-anak mampu menggeneralisasikan ide-ide saat mengarang sebagai bahan menulis.

2. Media penghapus stress.

Seorang anak yang merasa tertekan dengan beban pelajaran di sekolah ataupun masalah lain dapat menghilangkan perasaan tersebut dengan cara menulis. Hal tersebut karena tidak setiap anak mampu mengungkapkan masalah yang dihadapinya dengan baik. Oleh karena itu, di sinilah peran dari menulis. Anak-anak yang selesai menulis akan merasakan kelegaan karena dapat berbagi cerita meski hanya melalui tulisan.

3. Melatih kesabaran anak.

Dengan menulis, seorang anak dapat menyalurkan dan mengeluarkan setiap emosi yang dirasakannya. Oleh karena itu apabila anak sedang mengalami emosi seperti marah, kesal, resah atau sedih otomatis hal tersebut akan menjadi stabil dengan mengeluarkan emosi tersebut lewat menulis.

4. Belajar merangkai kata.

Menulis diawali dari satu atau dua kata. Seperti seorang anak apabila mengungkapkan perasaannya maka akan menulis Aku Sedih. Dimulai dari beberapa kata itulah tulisan anak dapat berkembang sesuai imajinasi yang mereka inginkan.

5. Menjadi bekal bagi masa depan anak.

Semua profesi di dunia ini membutuhkan keahlian menulis. Oleh karena itu, apabila anak sudah terbiasa menulis sejak kecil, maka mereka akan sangat tertolong apabila ingin menulis berbagai tulisan yang mereka butuhkan kelak di masa depan.

6. Menambah ilmu dan wawasan.

Seorang anak yang memiliki kegemaran menulis umumnya juga akan memiliki kegemaran dalam bidang membaca. Dengan begitu, apabila mereka menggabungkan dua kemampuan ini, maka otomatis ilmu dan wawasan mereka akan berkembang dengan sangat baik dan luas.

7. Belajar mengeluarkan pendapat dengan cara yang bijak.

Berbeda dengan berbicara yang tidak dapat ditarik lagi apabila telah diucapkan, menulis bisa dihapus kembali hingga seseorang mendapatkan kalimat yang mereka inginkan. Maka dari itu apabila seorang anak berusaha mengungkapkan sesuatu, mereka bisa berkata dengan bijak dengan cara menulis terlebih dahulu.

Mengetahui berbagai benefit dari seorang anak yang belajar menulis, Anda sebagai orang tua juga dapat membantu mengembangkan kemampuannya anak di bidang menulis. Anda dapat mendukung mereka dengan cara mengikutsertakan anak-anak dalam workshop kepenulisan yang ditujukan khusus untuk anak-anak atau Anda dapat mengajari anak Anda dirumah.

About Author:


One thought on “Manfaat Menulis Bagi Anak Usia Dini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *