Metode Mudah Membuat Anak Cepat Pandai Membaca

Seorang anak adalah sebuah titipan dari Allah SWT kepada orang tua. Bagi orang tua sendiri seorang anak bisa dikatakan menjadi mutiara/permata dunia. Pasangan lelaki dan perempuan pasti mengidam-idamkan seorang anak sebagai penerus generasi maupun kebahagiaan dunia dan akhirat.

Metode Mudah Membuat Anak Cepat Pandai Membaca

Sehingga, di setiap kegiatan tumbuh kembangnya seorang anak akan menjadi memori terindah bagi orang tua. Orang tua pastinya juga sebisa mungkin ingin selalu membantu serta menyaksikan kegiatan pertumbuhan anaknya. Begitu pula, anak akan mendapatkan pelajaran utama dari orang tua sebelum memasuki pendidikan formal. Maka, orang tua perlu berperan dalam mengajari dasar-dasar kebutuhan pendidikan informal anak sebelum memasuki dunia pendidikan formal.

Kebutuhan mendasar sebelum memasuki pendidikan formal ialah membaca. Setiap kegiatan belajar mengajar, seorang anak yang baru mengenyam pendidikan akan dituntut membaca. Baik memahami tulisan kata hingga tulisan di buku. Sebelum anak bisa mengungkapkan suatu kalimat,terlebih dahulu haruslah membaca per kata yang ingin diucapkan.Maka artikel ini, akan membantu seorang ibu atau ayah saat hendak mengajarkan membaca pada anak dengan metode mudah dan cepat. Mari kita simak bersama.

Anak memiliki kriteria yang suka bermain. Di manapun mereka berada, mereka selalu ingin saja bermain dan selalu senang dengan apa yang mereka inginkan dapat terwujud. Metode yang paling utama perlu di terapkan untuk membuat anak cepat membaca ialah dengan menerapkan metode belajar sambil bermain. Hindari membuat anak jenuh dan memaksa. Metode balajar dan bermain bisa diterapkan sebagai tema saat mengajari anak.

Jadi sebelum anda ingin mengajari seorang anak membaca, pastikan hati anak anda senang.Jika anak anda tidak tertarik untuk belajar, jangan dipaksa dan alihkan perhatian dengan permainan yang membuat anak anda tidak sadar bahwa sedang belajar. Contoh : ajak anak berkaraoke, anda bisa menyajikan lagu anak-anak di televisi yang terdapat liriknya. Anda bisa mangajaknya bernyanyi bersama dan mengarahkan anak membaca lirik agar bisa mengikuti kalimat dari nyanyian tersebut.

Metode lain bisa menggunakan metode glen doman, agar anak anda tidak merasa bosan selalu melakukan kegiatan menyanyi. Metode glen doman bisa di gunakan lain waktu dengan cara mengajak anak membaca kata-kata terlebih dahulu dibanding menghafal huruf.

Membuat Anak Cepat Pandai Membaca

Sebelum anda ingin mengajari anak membaca, sebaiknya anda membuat tabel kegiatan membaca anak. Di dalam tabel tersebut, anda menuliskan berbagai kegiatan cara membaca sambil bermain yang berbeda-beda setiap harinya. Dengan contoh:

  • Hari pertama, bisa diisi dengan kegiatan menyanyi sambil membaca lirik tadi.
  • Hari kedua, bisa menerapkan metode glen doman dengan tebak gambar.
  • Hari ketiga, main tebak-tebakan bersama anak menyebutkan barang setiap yang di temui atau dipegang.
  • Hari keempat, bermain bajak laut yang dilakukan dengan cara menaruhkan berbagai harta karun berisikan kata/gambar lalu suruh anak untuk mencari dan menyebutkan kata tersebut setelah menemukannya.
  • Hari kelima, bisa diisi dengan kegiatan melukis dan menggambar pada kertas kosong dan anak menyebutkan apa yang sedang digambarnya.
  • Hari keenam, melakukan tanya jawab terkait silsilah keluarga. Kegiatan ini memiliki dua keuntungan, antara belajar membaca sekaligus mengenalkan keluarga kepada anak.
  • Hari ketujuh, mengajak anak keluar rumah. Anda bisa mendorong anak agar aktif bertanya hingga menyuruhnya membacakan kata yang ada di setiap jalan.

Kegiatan tersebut bisa anda ulangi setiap harinya ataupun anda bisa membuat jadwal yang berbeda-beda dalam jangka waktu dua minggu atau bahkan satu bulan sekali.

About Author:


3 thoughts on “Metode Mudah Membuat Anak Cepat Pandai Membaca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *