Nadiem Makarim, Entrepreneur Muda Yang Potensial Asal Indonesia

Entrepreneur di Indonesia kini semakin banyak bermunculan. Salah satu pengusaha muda yang berhasil yaitu Nadiem Makarim. Anda tentu tidak asing dengan nama nya bukan ? Bisnis besar nya membuat ia diakui oleh dunia dan dinilai sekelas dengan Mark Zuckerberg dan Drew Houston. Nadiem berhasil mengembangkan aplikasi GoJek yang menjadi aplikasi besar di Indonesia.

Pria kelahiran 4 Juli 1984 ini merupakan sarjana lulusan dari International Relations, Brown University di Amerika Serikat, dan juga menyelesaikan program master di Harvard Bussiness School.

Sebelum menjadi pendiri GoJek, ia pernah bekerja di perusahaan konsultan Mckinsey & Company, bekerja di Zalora Indonesia sebagai Managing Director, dan juga Chief Innovation Officer di Kartuku.

PT GoJek yang didirikan Nadiem Makarim merupakan perusahaan jasa yang terkhusus dalam bidang transportasi ojek di Indonesia yang mulai berkembang sejak 2015 melalui perkembangan nya via aplikasi smartphone. Nadiem sendiri merupakan pengguna aktif ojek. Namun ia melihat adanya ketidak produktifan para tukang ojek ketika menunggu penumpang dan mangkal di satu tempat. Para pengemudi juga hanya menunggu di pangkalan ojek saja, sehingga hal tersebut membuat konsumen kesulitan dan juga tukang ojek sendiri menjadi tidak produktif.

Melalui riset tersebut, ia akhirnya mendapatkan sebuah ide untuk menghubungkan para pengemudi ojek dengan penumpang, yaitu menggunakan ponsel pintar yang memang telah dimiliki oleh banyak orang modern. Dirintis pada tahun 2011, saat itu pemesanan masih dilayani via telepon dan sms. Namun kini Nadiem telah membuktikan prestasi yang sangat mengagumkan. Ia merekrut setidak  nya 10 ribu driver ojek untuk bekerjasama dalam GoJek. Peningkatan ini sangat terbantu oleh ada nya aplikasi berbasis android tersebut. GoJek membagi penghasilan yang didapatkan nya dengan pembagian 80 % untuk driver, dan juga 20 % untuk pihak GoJek. GoJek dilengkapi dengan fasilitas helm, jaket, asuransi kesehatan, dan Hp Android kepada para supir nya.

Nadiem Makarim, Entrepreneur Muda Yang Potensial Asal Indonesia
Entrepreneur di Indonesia kini semakin banyak bermunculan. Salah satu pengusaha muda yang berhasil yaitu Nadiem Makarim. Anda tentu tidak asing dengan nama nya bukan ? Bisnis besar nya membuat ia diakui oleh dunia dan dinilai sekelas dengan Mark Zuckerberg dan Drew Houston.

Dari cerita tersebut, dapat anda ambil nilai positif yaitu berupa inovasi yang tanpa batas akan membuat anda jauh lebih mudah dalam berkembang, salah satu nya menggunakan kekuatan teknologi. Kisah ini menunjukkan kelihaian Nadiem dalam mengembangkan inovasi nya menjadi sesuatu yang nyata. Selain itu,  Nadiem juga melihat peluang yang besar mengenai permasalahan ojek. Banyak orang yang enggan menggunakan ojek karena dinilai mahal dan juga sulit menemukan nya. Dengan ada nya GoJek, maka masyarakat dapat menemukan sebuah solusi atas permasalahan yang mereka alami. Sehingga mereka dapat menggunakan jasa tanpa harus repot mencari pangkalan, vukup memesan via aplikasi saja.

Nadiem juga membuka lapangan pekerjaan yang besar bagi parapencari kerja melalui pengembangan aplikasi GoJek. Sebelum nya banyak orang yang mengalami kesulitan pekerjaan, dan tidak memiliki penghasilan. Namun semenjak aplikasi GoJek mulai berkembang, maka banyak orang yang akhir nya menemukan lapangan pekerjaan bagi mereka. Kini GoJek tidak hanya berkembang sebagai jasa transportasi antar jemput saja, namun tersedia jasa pengantaran barang ( Go – Send ), jasa pengantaran makanan ( Go-Food ), dan jasa-jasa lain nya.

About Author: