Serunya Belajar Nulis Naskah Drama Yang Mudah

Seperti kata God Bless, hidup ini adalah panggung sandiwara. Ini adalah sebuah kenyataan yang tidak bisa kita tampik dari kehidupan kita sebagai manusia. Sebagai manusia milenial, pasti akan sangat wajar jika pernyataan ini keluar. Terlebih, jika anda banyak berkutat di media sosial, pasti akan sangat sering sekali anda untuk mengelabuhi teman atau kerabat anda dengan berbagai macam topeng yang anda punya.

Belajar Menulis Sebuah Naskah Drama

Tulislah Sebuah Naskah Drama Yang Mudah 

Ya, itu bukan hal yang salah pastinya, walapun itu juga tidak bisa dibenarkan. Tetapi, satu yang penting, bahwa sandiwara sudah menjadi gaya hidup kebanyakan orang di masa sekarang. Termasuk orang yang tidak pernah kita bayangkan sebelumnya. Nah, bagi anda yang suka bersandiwara, pasti anda akan sangat tertarik dengan yang namanya seni teater. Teater adalah sebuah seni yang sangat menarik, dimana anda akan belajar secara jelas tentang bagaimana caranya melakukan seni peran. Berseni peran, atau menjadi pemeran dalam pementasan drama pasti menjadi hal yang sangat membanggakan. Selain anda dilihat oleh orang banyak, anda juga akan dengan mudah dikenal oleh orang melalui kemampuan anda dalam anda dalam melakukan seni peran. Itu adalah hal yang sangat menguntungkan anda. Tetapi, selain anda bisa melakukan hal itu, anda juga bisa mengambil peran yang tidak kalah pentingnya, yaitu menjadi seorang penulis naskah drama.

Menjadi penulis naskah drama bukanlah hal yang mudah. Tetapi, itu juga bukan hal yang sulit kok. Untuk bisa mempelajari hal ini, anda bisa melakukan beberapa hal yang sangat penting. Hal pertama yang sangat perlu untuk anda perhatikan adalah anda harus punya imajinasi yang sangat luas. Imajinasi adalah kunci sukses seorang penulis drama. Jika ia tidak bisa mendapatkan imajinasi yang sesuai dengan dirinya ketika ia sedang menulis, maka sangat bisa dipastikan bahwa ia tidak akan bisa menjadi penulis yang handal. Untuk bisa memiliki imajinasi yang luas, anda bisa mulai dengan beberapa cara yang mudah.

Tulislah Sebuah Naskah Drama Yang Mudah 

Cara pertama, anda bisa banyak-banyak membaca buku. Sangat disarankan untuk membaca buku yang sesuai dengan genre drama yang anda bayangkan, atau yang anda suka. Jika anda suka cerita yang berbau romantis, novel teenager atau romance bisa menjadi saran terbaik. Jika anda lebih suka yang berbau kemegahan dan kerajaan, novel berbau sejarah atau fiksi juga cukup bagus untuk anda baca. Intinya, anda harus banyak membaca, agar imajinasi anda terbentuk dengan sendirinya. Ketika anda sudah rajin membaca, anda akan sangat mudah untuk mengimajinasikan sesuatu di dalam kepala anda, tanpa anda perlu bekerja sangat keras untuk memunculkannya.

Ketika isi kepala anda sudah penuh dengan yang namanya imajinasi, maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah anda harus mulai berani menulis. Mulai dari membuat kerangka berpikir yang luas terlebih dahulu. Mulai dari inti cerita, tema besar cerita, setting awal cerita, karakter serta sifat karakter tersebut, dan yang lain. Tuliskan ide dasar anda itu di dalam sebuah kertas, untuk memudahkan proses berpikir anda, agar proses berpikir anda tidak terlalu mengambang. Ketika hal itu sudah terbentuk oleh anda, mulailah berani untuk membuat dialog. Dalam memilih dialog, pastikan anda memilih kata-kata yang enak didengar dan juga mudah diucapkan. Itu untuk membantu penonton dan pemain dramanya, agar mereka bisa satu padu dalam membac naskah dan menciptakan drama terbaik.

About Author: