Tahapan Menulis Yang Benar Agar Hasil Maksimal

Menulis memang hal yang sepele. Namun apakah anda tahu bahwa menulis juga harus membutuhkan teknik dan tahapan yang benar untuk mencapai hasil yang maksimal? Memang benar, dalam menulis memang terkesan mudah. Banyak yang beranggapan bahwa menulis itu sangat mudah, karena hanya menuliskan apa yang dirasakan, apa yang dilihat, apa yang dipikirkan, dan lain sebagainya.

Tahapan Penting Untuk Mulai Menulis Dengan Benar

Namun untuk mendapatkan bahsa yang mudah dipahami, bahasa yang bagus, pilihan kata yang bagus, dan tetap memiliki nilai keindahan tersendiri tidaklah mudah. Jika anda mengerti dan memahami keunikan dari menulis itu sendiri mungkin anda akan mencari berbagai cara ataupun tahapan agar tulisan anda menjadi baik dan benar serta mendapatkan hasil yang maksimal. Lalu apa saja tahapan untuk dapat menulis denan cara yang benar dan hasil yang maksimal? Daripada anda penasaran, langsung saja simak ulasannya di bawah ini.

Tahapan Penting Untuk Mulai Menulis Dengan Benar

Karena artikel ini akan memberikan informasi hanya untuk anda orang-orang yang serius dalam menulis yang benar dan dengan hasil yang maksimal dan memuaskan. Berikut adalah ulasannya.
  • tahapan yang pertama dan yang paling penting anda lakukan adalah membuat outline terlebih dahulu. Mungkin kebanyakan orang masih asing dengan kata outlne. Outline bisa diartikan dengan kerangka tulisan yang akan anda bahas. Hal ini bertujuan untuk memudahkan anda dalam menulis apa yang anda ingin tulis dan akan menuangkan ide-ide yang bisa membantu anda untuk berfikir kreatif. Jika anda takut jika terjadi kesalahan, anda bisa memanfaatkan outline atau kerangka tulisan untuk meminimalisir kesalahan dan kekeliruan.
  • Tahapan yang ke dua adalah membuat draft tulisan. Ide atau gambaran yang telah anda tuangkan ke dalam outline atau kerangka tulisna tersebut pindahkan dan kembangkan di dalam draft ini. Dalam tahapan ini anda bisa mengembangkan ide ataupun gagasan yang ada dalam outline dengan menulis bebas. Dengan menulis bebas anda bisa menuangkan ide murni anda dengan menggunakan bahasa anda sendiri.
  • Selain itu, dengan menulis bebas anda juga bisa mengukur seberapa besar penguasaan dan pengetahuan anda mengenai ide ataupun gagasan yang anda dapatkan. namun jika tulisan yang akan anda bahas tidak memungkinkan untuk menulis bebas karena ada fakta-fakta ataupun data tertentu, maka anda tidak bisa menggunakan tulisan bebas seperti yang dijelaskan di atas. jika menulis bebas dalam draft sudah anda lakukan, hal yang selanjutnya anda lakukan adalah membaca ulang tulisan anda dan lakukan perbaikan jika da kalimat yang mengganjal atau kalimat yang tidak nyambung. Setelah itu anda juga bisa melakukan editing untuk hasil yang maksimal. Hal ini dilakukan agar tulisan yang anda buat terbebas dari kesalahan-kesalahan yang hanya akan membuat nilai tulisan anda menjadi rendah.
  • Tahapan terakhir yang harus anda lakukan adalah memberikan judul dalam tulisan anda. kebanyakan orang menganggap judul merupakan hal yang pertama yang harus dilakukan. Namun sebenarnya, judul lebih baik dilakukan pada tahap terakhir. Hal ini bertujuan agar lebih mensinkronkan isi dengan judul yang telah dibuat.

Itulah sedikit ulasan mengenai beberapa tahapan yang harus anda lalui untuk bisa menulis dengan baik dan benar dengan hasil yang memuaskan. Jadi jika anda sangat berniat dan ingin bersungguh-sungguh untuk belajar menulis, anda harus membaca ulasan di atas dan wajib hukumnya untuk mempraktikkannya. Semoga ulasan di atas bermanfaat dan selamat menulis.

About Author: