Steve Jobs, Pendiri Apple Inc Yang Visioner dan Inspiratif

Jika menyebut nama Steve Jobs, sebagian besar dari anda pasti merasa familiar. Salah satu pakar teknologi ini memiliki kisah inspiratif dalam mencapai kesuksesan nya. Sebagai penikmat dan pengguna teknologi modern, anda pasti mengetahui produk keluaran dari Apple Inc, seperti Iphone, Mac, iPad. Ketiga produk unggulan tersebut merupakan hasil keluaran Apple Inc.

Lalu siapakah yang berada di balik layar kesuksesan dari produk Apple ini ? Ya, tidak lain adalah sang pendiri yaitu Steve Jobs. Beliau adalah tokoh yang memiliki pandangan visioner dan jauh kedepan. Hal ini juga membuat Apple Inc sangat disegani dan terus berkembang hingga saat ini. sosoknya yang sederhana dan erat dengan keindahan membuat Apple berhasil mematahkan rantai dominasi dari Microsoft milik Bill Gates.

Pria kelahiran 24 Februari 1955 ini merupakan anak adopsi dari pasangan Paul Jobs dengan Clara Jobs. Sejak di usia yang masih kecil, Steve telah menunjukkan ketertarikannya kepada hal yang berhubungan dengan elektronik. Namun tidak banyak pihak yang mengathui bahwa di balik kecerdasan nya, ia drop out dari Reed College. Ia melanjutkan belajar kaligrafi di kelas non formal di kampus nya. Dengan belajar hidup mandiri dan tidak ingin membebani orang tuanya, ia menumpang tinggaldi asrama salah seorang teman nya dan menukarkan botol cola agar mendapatkan uang untuk makan. Setelah mempelajari kuliah kaligrafi dalam kurun waktu 10 tahun, akhirnya ia mendapatkan inspirasi untuk mendesain Machintosh pertama.

Steve Jobs, Pendiri Apple Inc Yang Visioner dan Inspiratif
Steve Jobs. Beliau adalah tokoh yang memiliki pandangan visioner dan jauh kedepan. Hal ini juga membuat Apple Inc sangat disegani dan terus berkembang hingga saat ini.

Saat berusia 20 tahun, bersama dengan kedua orang teman, Steve Jobs mengembangkan perusahaan Apple selama kurang lebih 10 tahun. Usaha nya terus berkembang pesat, dan berhasil merekrut 4000 karyawan dengan total penghasilan mencapai 2 milyar dollar. Bersama dengan Steve Wizniak, ia mengumulkan beberapa barang untuk dijual dan hasil tersebut digunakan untuk membiayai rancangan komputer pertama nya yang berhasil terjual sebanyak 50 unit di pasaran lokal.

Di tahun 1983, Jobs mengajak John Sculley untuk memimpin perusahaan. Namun pada 1985, Jobs diberhentikan karena mengalami konflik dengan John Sculley. Ia sempat mengalami kesedihan namun ia berusaha tetap berpikir tenang. Ia berhasil mendirikan Pixar yang memberikan kesuksesan dalam dunia animasi dan membawa tren baru dalam dunia perfilman. Dengan melakukan akuisisi, Pixar berhasil memproduksi film animasi Toy Story yang meledak di pasaran. Kemudian disusul dengan A bug’s Life, Finding Nemo, Monster Inc, Ratatouille, Wall-E, Up, The Incredibles, Cars, dan masih banyak lagi. Akibat kesuksesan besar ini, Jobs kembali dipanggil untuk mengisi posisi pimpinan Apple di tahun 1997. Dengan kepemimpinan nya, perusahaan tersebut kembali bangkit dengan meluncurkan produk Imac, Iphone, dan lainnya. Namun di tahun 2004 ia divonis mengidap kanker pankreas, dan kemudian meninggal pada 5 Oktober 2011.

Gairah hidup yang tinggi, keyakinan, memiliki inovasi yang kreatif, berani, dan juga memiliki visi, merupakan kunci kesuksesan yang dipegang oleh Jobs semasa hidupnya. Hal tersebut dapat kita teladani agar menjadi pribadi yang gigih dan pantang menyerah.

Nadiem Makarim, Entrepreneur Muda Yang Potensial Asal Indonesia

Entrepreneur di Indonesia kini semakin banyak bermunculan. Salah satu pengusaha muda yang berhasil yaitu Nadiem Makarim. Anda tentu tidak asing dengan nama nya bukan ? Bisnis besar nya membuat ia diakui oleh dunia dan dinilai sekelas dengan Mark Zuckerberg dan Drew Houston. Nadiem berhasil mengembangkan aplikasi GoJek yang menjadi aplikasi besar di Indonesia.

Pria kelahiran 4 Juli 1984 ini merupakan sarjana lulusan dari International Relations, Brown University di Amerika Serikat, dan juga menyelesaikan program master di Harvard Bussiness School.

Sebelum menjadi pendiri GoJek, ia pernah bekerja di perusahaan konsultan Mckinsey & Company, bekerja di Zalora Indonesia sebagai Managing Director, dan juga Chief Innovation Officer di Kartuku.

PT GoJek yang didirikan Nadiem Makarim merupakan perusahaan jasa yang terkhusus dalam bidang transportasi ojek di Indonesia yang mulai berkembang sejak 2015 melalui perkembangan nya via aplikasi smartphone. Nadiem sendiri merupakan pengguna aktif ojek. Namun ia melihat adanya ketidak produktifan para tukang ojek ketika menunggu penumpang dan mangkal di satu tempat. Para pengemudi juga hanya menunggu di pangkalan ojek saja, sehingga hal tersebut membuat konsumen kesulitan dan juga tukang ojek sendiri menjadi tidak produktif.

Melalui riset tersebut, ia akhirnya mendapatkan sebuah ide untuk menghubungkan para pengemudi ojek dengan penumpang, yaitu menggunakan ponsel pintar yang memang telah dimiliki oleh banyak orang modern. Dirintis pada tahun 2011, saat itu pemesanan masih dilayani via telepon dan sms. Namun kini Nadiem telah membuktikan prestasi yang sangat mengagumkan. Ia merekrut setidak  nya 10 ribu driver ojek untuk bekerjasama dalam GoJek. Peningkatan ini sangat terbantu oleh ada nya aplikasi berbasis android tersebut. GoJek membagi penghasilan yang didapatkan nya dengan pembagian 80 % untuk driver, dan juga 20 % untuk pihak GoJek. GoJek dilengkapi dengan fasilitas helm, jaket, asuransi kesehatan, dan Hp Android kepada para supir nya.

Nadiem Makarim, Entrepreneur Muda Yang Potensial Asal Indonesia
Entrepreneur di Indonesia kini semakin banyak bermunculan. Salah satu pengusaha muda yang berhasil yaitu Nadiem Makarim. Anda tentu tidak asing dengan nama nya bukan ? Bisnis besar nya membuat ia diakui oleh dunia dan dinilai sekelas dengan Mark Zuckerberg dan Drew Houston.

Dari cerita tersebut, dapat anda ambil nilai positif yaitu berupa inovasi yang tanpa batas akan membuat anda jauh lebih mudah dalam berkembang, salah satu nya menggunakan kekuatan teknologi. Kisah ini menunjukkan kelihaian Nadiem dalam mengembangkan inovasi nya menjadi sesuatu yang nyata. Selain itu,  Nadiem juga melihat peluang yang besar mengenai permasalahan ojek. Banyak orang yang enggan menggunakan ojek karena dinilai mahal dan juga sulit menemukan nya. Dengan ada nya GoJek, maka masyarakat dapat menemukan sebuah solusi atas permasalahan yang mereka alami. Sehingga mereka dapat menggunakan jasa tanpa harus repot mencari pangkalan, vukup memesan via aplikasi saja.

Nadiem juga membuka lapangan pekerjaan yang besar bagi parapencari kerja melalui pengembangan aplikasi GoJek. Sebelum nya banyak orang yang mengalami kesulitan pekerjaan, dan tidak memiliki penghasilan. Namun semenjak aplikasi GoJek mulai berkembang, maka banyak orang yang akhir nya menemukan lapangan pekerjaan bagi mereka. Kini GoJek tidak hanya berkembang sebagai jasa transportasi antar jemput saja, namun tersedia jasa pengantaran barang ( Go – Send ), jasa pengantaran makanan ( Go-Food ), dan jasa-jasa lain nya.

Motivasi Bagi anda Untuk Mencapai Kesuksesan

Apakah anda memahami apa yang dimaksud denga motivasi yang sesungguh nya ? Motivasi merupakan salah satu dorongan dalam bentuk semangat yang ada di diri setiap manusia untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Hal ini berarti di dalam hidup, motivasi senantiasa dibutuhkan dalam hidup agar segala sesuatu yang kita inginkan dapat tercapai.

Motivasi memiliki berbagai macam bentuk. Bisa karena uang, bisa karena ingin pujian, atau berbagai alasan lain nya. Jika orang selalu termotivasi, maka ia akan memiliki keinginan untuk terus maju dan mencapai apa yang menjadi visi nya. Ia juga tak segan untuk terus berinovasi dan menemukan hal – hal baru agar dapat terus mengembangkan mimpi dan cita – citanya. Namun terkadang motivasi tidak selalu ada di dalam diri kita masing – masing. Hal ini pada akhir nya memicu pikiran negatif memenuhi diri, seperti rasa iri, marah, malas, dengki, takut, sedih dan lain nya.

Motivasi bisa digunakan dalam segala situasi. Misal nya jika anda sedang putus cinta dan galau. Anda biasa nya akan mencari teman di sekitar anda untuk curhat dan memberikan motivasi kepada anda. teman di sekeliling anda, anda yakini mampu memberikan kekuatan untuk anda. Namun ada juga tipikal orang yang bercerita via media sosial yang dianggap dapat memberikan penghiburan diri. Hal ini karena orang tersebut bukanlah tipe orang yang mudah bercerita tatap muka dengan orang lain.

Motivasi Bagi anda Untuk Mencapai Kesuksesan

Ketika telah bercerita dengan orang lain mengenai permasalahan yang anda hadapi, baik itu urusan cinta, keuangan, pekerjaan, atau berbagai masalah lain nya, anda tentu merasakan perasaan lega di dalam diri anda. namun anda juga harus sadar bahwa tidak selama nya teman akan selalu ada untuk mendengarkan anda. mereka juga memiliki waktu untuk diri mereka sendiri. Mereka terkadang harus pulang kampung, bekerja, atau melakukan aktivitas lain na. Maka anda tidak bisa terlalu bergantung kepada teman anda setiap waktu. Jika demikian, di saat teman anda tidak ada, anda akan mengalami kegalauan yang semakin parah karena tidak memiliki tempat untuk bercerita.

Maka motivasi dari luar saja tidaklah cukup. Anda harus membangun motivasi dari dalam diri anda sendiri. Jika motivasi kita dapatkan dari dalam diri sendiri, anda akan lebih mudah dalam mengatasi permasalahan yang anda hadapi tanpa perlu bergantung dengan orang lain lagi.  Tentu anda pernah mendengar kalimat yang mengatakan bahwa motivator yang terbaik adalah diri anda sendiri. Jadi akan lebih bijaksana jika anda menyelesaikan segala permasalahan anda sendiri tanpa perlu membawa orang lain atau bercerita terlalu jauh urusan pribadi anda kepada orang lain. Dengan demikian, anda akan lebih mudah mendapatkan ketenangan dana juga lebih dewasa dalam bersikap tanpa harus berada di bawah bayang – bayang orang lain lagi dan bisa teguh dengan pendirian anda sendiri.

Kisah Sukses Hamzah Izzulhaq, Entrepeneur Muda Yang Berbakat

Ketika ditanya kapan tepatnya memulai berdagang, Hamzah tidak dapat mengingatnya secara pasti. Namun kemandirian di dalam dirinya telah mulai terbentuk sejak ia masih berada di bangku SD ( sekolah dasar ). Sejak SD, ia telah mulai menjual koran, petasan, kelereng, dan juga menjadi ojek payung serta tukang parkir. Ia melakukan hal-hal tersebut di sela-sela waktu sekolah dan bermain nya sejak di bangu kelas 5 SD untuk memoles jiwa wirausaha di dalam dirinya.

Hamzah Izzulhaq, pria kelahiran 26 April 1993 ini lahir dari kalangan keluarga yang terbilang sederhana. Ayahnya merupakan seorang dosen dan ibunya adalah seorang guru Sekolah Menengah Pertama ( SMP ). Sebenarnya untuk urusan ekonomi, ia bukanlah sosok yang kekurangan, dan selalu mendapatkan uang saku yang cukup dari orangtuanya. Namun ia ingin mandiri dan memilih untuk mengisi waktu luang yang ia miliki untuk berdagang bersama kawan-kawan yang kurang mampu.

Ia sendiri mulai tekun dan serius mendalami bisnisnya saat berada di kelas 1 SMA. Ia menjual buku setiap semester berganti, dan juga menjual pulsa. Ia berhasil melobi pamannya yang saat itu bekerja di toko buku dengan mendapatkan diskon dan menjual kembali buku tersebut kepada kakak angkatan serta teman-teman seangkatannya. Hasil penjualan tersebut kemudian ia tabung. Sisanya ia gunakan untuk membuka sebuat konter pulsa yang operasionalnya ia serahkan kepada salah satu teman SMP nya. Namun omzet yang didapatkan malah sering digunakan untuk kebutuhan pribadi sang teman, dan juga banyak voucher yang digunakan secara pribadi tanpa izin dari Hamzah. Akhirnya dalam 3 bulan, usaha tersebut ia tutup.

Namun semangat Hamzah tidak turun. Dengan uang tabungan yang masih ia miliki, ia akhirnya membeli mesin pin. Jalan ini ia pilih sebab banyak kegiatan seperti OSIS, Pentas Seni, dan acara lain yang membutuhkan pin serta stiker. Ia pun menerima cukup banyak pesanan dari sekolahnya. Namun karena tidak menguasai teknik dan banyak orderan yang akhirnya tidak selesai, ia harus menerima kenyataan bahwa ia mengalami kerugian untuk kesekian kalinya.

Namun semangat dari hamzah ini perlu diacungi jempol. Ia membaca biografi para pengusaha dan kembali menumbuhkan semangatnya. Di pertengahan kelas 2 SMA, ia menjual roti, snack, dan kue lainnya. Ia pun kemudian menangkap peluang bisnis lain, tepatnya saat mengikuti acara seminar entrepreneur dan ditawarkan untuk franchise bimbel dengan nama Bintang Solusi Mandiri. Ia akhirnya mengumpulkan modal dengan bantuan dari sang ayah.dari franchise inilah Hamzah mengalami peningkatan yang pesat dalam bisnisnya.

Ia kini memiliki 3 lisensi bisnis dengan omzet yang dadapatkan mencapai 360 juta rupiah tiap semesternya dengan keuntungan bersih sebesar 180 juta per semesternya. Bimbingan belajarnya telah membawahi lebih dari 200 siswa di tiap semesternya. Ia juga mengembangkan sayap bisnisnya dengan membuat CV Hamasa Indonesia dan berperan sebagai direktur utama dengan omzet mencapai 100 juta tiap bulannya. Inspiratif sekali ya kisahnya !

 

 

Kisah Sukses Susi Pudjiastuti, Wanita Mandiri dengan Gaya Nyentrik

Semua orang pasti mengenal Susi Pudjiastuti. Ia merupakan salah satu menteri dalam kabinet kerja Presiden Joko Widodo, yang patut anda jadikan teladan karena kisah sukses dan gigihnya. Walaupun pendidikan beliau tidak sampai selesai sekolah menengah saja, tetapi beliau mampu mambuktikan bahwa beliau sanggup menjadi seorang pengusaha yang terbilang sukses dan tetap menjaga kesederhanaannya.

Wanita yang lahir di Pangandaran, tepatnya 15 Januari 1965 ini merupakan putri dari seorang peternak serta penjual hewan potong. Hewan potong ini biasanya di distribusikan di daerah Jawa Timur dan Jawa Tengah. Lalu bagaimanakah cara beliau mencapai kesuksesannya ? Berikut adalah kisahnya.

Susi Pudjiastuti memang berbeda dengan gadis seumurannya. Disaat mereka sibuk memikirkan masalah cinta-cintaan, beliau sudah sibuk berbisnis dengan menjual bedcover dan juga pakaian. Hingga akhirnya beliau memutuskan untuk tidak melanjutkan sekolahnya. Setelah itu, semangat bisnis Susi Pudjiastuti semakin tinggi. Karena tinggal di lingkungan yang didominasi oleh nelayan, maka ia akhirnya menekuni bisnis menjual ikan. Saat tu modal yang ia miliki hanya sebesar Rp 750.000 dan menjadi pionir awal dari bisnis besarnya.

Bisnis tersebut tidak ia jalani secara setengah hati, namun benar – benar ditekuni nya. Ia membeli beberapa ikan dari tempat pelelangan ikan, dan menjual nya kepada beberapa restoran, namun tidak semua restoran mempercayai kualitas ikan yang ia jual. Tetapi beliau tidak pantang menyerah. Beliau menunjukkan konsistensi nya dalam membeli dan menjual ikan dengan kualitas terbaik, sehingga pada akhir nya banyak restoran yang mempercayainya dan menjadi konsumen tetap. Inilah yang membuat bisnis nya semakin dikenal di lingkungan yang lebih luas hingga beliau pernah berhasil menjual lobster ke luar negeri dengan jumlah yang terbilang fantastis.

Kisah Sukses Susi Pudjiastuti, Wanita Mandiri dengan Gaya Nyentrik
Wanita yang lahir di Pangandaran, tepatnya 15 Januari 1995 ini merupakan putri dari seorang peternak serta penjual hewan potong. Hewan potong ini biasanya di distribusikan di daerah Jawa Timur dan Jawa Tengah. Lalu bagaimanakah cara beliau mencapat kesuksesannya ? Berikut adalah kisahnya.

Dalam menjaga kualitas ikan yang dijualnya, dibutuhkan tempat dan juga biaya yang semakin besar. Ia juga menginginkan kesegaran lobster yang dijualnya tetap terjaga. Dengan bantuan sang suami, Christian Von Strombeck yang juga seorang pilot, beliau mendapatkan pemecahan masalah dengan mengambil keputusan untuk membeli pesawat sebagai akomodasi dalam pengiriman nya. Walaupun sempat mengalami permasalahan dalam pencairan dana, namun akhirnya beliau berhasil mendapat dana sebesar 47.000.000.000 yag kemudian digunakan untuk membangun landasan udara di kawasan Pangandaran dan pembelian 2 pesawat Cessna.

Di tahun 2004, beliau dengan hati yang dermawan menawarkan bantuan untuk membantu saudara-saudara yang berada di Aceh dengan memberikan pesawat sebagai akomodasi pengiriman bantuan. Beliau akhirnya mengembangkan bisnisnya untuk jasa transportasi produk perikanan dengan nama “ Susi Air “.

Dengan kekayaan yang beliau miliki dari hasil usahanya, beliau merasa terpanggil untuk mengabdi kepada negara. Maka ketika ditawarkan untuk bergabung dengan Kabinet Kerja Presiden Jokowi, beliau dengan cepat menerima dan bekerja mengabdi kepada negara sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan. Hal ini cukup menggemparkan saat itu, sebab diketahui bahwa latar belakang pendidikan beliau berbeda dengan menteri pada umumnya. Namun kegigihan dan pengabdian beliau kepada negara hingga saat ini membuktikan bahwa pilihan tersebut adalah langkah yang tepat.